Berita Utama

Potensi Bisnis Maggot: Solusi Ramah Lingkungan dalam Pengelolaan Limbah Organik

Potensi Bisnis Maggot: Solusi Ramah Lingkungan dalam Pengelolaan Limbah Organik

BERITA LANGKAT - Apakah kalian pernah, memiliki banyak sekali sisa atau sampah makanan?, atau malah sering? Mau dibuang rugi, mau diolah gak mungkin lagi. Daripada bingung mending sekalian langsung buat usaha baru aja.

Kenalin nih Maggot, atau biasa dikenal dengan belatung yang masih dalam tahap bayi atau larva pada lalat. Dimana fase ini merupakan fase kedua dari hewan lalat, dan yang pertama adalah fase telur.

Selain bisa digunakan untuk mengurangi sampah organik, maggot juga memiliki kandungan nutrisi yang banyak seperti asam amino, protein, asam lemak dan mineral, dimana hal tersebut bisa menjadi bahan pakan bagi ternak seperti ayam, ikan dan lain sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa maggot memiliki nilai jual yang tinggi.

Bagaimana Cara Perawatannya?

Maggot yang paling bagus untuk dijadikan usaha sebagai bahan pakan hewan adalah maggot dengan jenis BSF. Dimana BSF ini merupakan lalat (Diptera) dari keluarga Stratiomyidae dan berasal dari daerah subtropis dan juga tropis.

Untuk merawat atau cara budidaya maggot BSF yang baik dan tepat adalah sebagai berikut:Pemilihan kandang dan tempat

Tempat yang bagus untuk pertumbuhan maggot BSF ialah terlindung dari sinar matahari langsung dan juga angin kencang.

Penyiapan Substrat

Substrat merupakan bahan organik yang berfungsi untuk menjadi media lalat BSF untuk bertelur dan berkembang biak.

Penyiapan indukan lalat BSF

Usahakan memilih lalat indukan BSF yang aktif dan sehat. Anda bisa mendapatkan indukan lalat BSF dari peternak BSF atau bisa juga membeli telur maupun larva lalat secara online jika tidak ingin serta pastikan bahwa tidak ada tanda-tanda penyakit maupun infeksi.

Untuk mengetahui apakah indukan BSF sehat, anda perlu memilih indukan yang bergerak dengan lincah. berwarna cerah dan konsisten, pilih lalat berwarna hitam atau coklat gelap dan tidak terlalu pudar. Jangan memilih indukan yang terlalu kecil atau besar hal itu dapat menandakan masalah kesehatan atau genetik yang tidak baik.

Tempat untuk telur maggot

Letakkan pada wadah pada usaha 5 sampai dengan 7 hari, setelah mencapai ukuran 3-4 cm maka maggot siap untuk diletakkan ke dalam reactor atau biopon. Dimana reaktor atau biopond ini adalah tempat larva untuk menyantap sampah organik sebagai makanan mereka.

Pemberian makanan

Berikan makanan atau sampah organik yang tidak terlalu hancur ataupun lunak seperti bubur kepada maggot. Dikarenakan hal tersebut akan membuat maggot akan sulit untuk bergerak ataupun bernafas dalam media. Saat maggot sudah berumur 15-20 hari maka maggot akan siap untuk dipanen.

Bagaimana jualnya?

Ada beberapa cara agar produk maggot bisa terjual.

  1. Titipkan di penjualan pakan ternak
    Saat pertama kali ingin menjual maggot, ada baiknya dijual ke tempat penjualan pakan ternak terdekat. Bangun komunikasi dengan pemilik toko dan ajak untuk bekerja sama dalam penjualan maggot.
  2. Jual pada platform online
    Di zaman yang semakin canggih ini, sangat rugi jika kita tidak menggunakan platform online untuk memasarkan produk kita. Seperti produk lainnya, tambahkan deskripsi mengenai produk maggot kamu dan selalu pertahankan kualitas dari produk kamu.
  3. Untuk Pakan pribadi
    Selain dijual, maggot juga bisa digunakan untuk untuk pemakaian pribadi jika anda memiliki ternak, seperti ayam ataupun ikan.

0 Comments

www.domainesia.com

Type and hit Enter to search

Close